Jumat, 08 Juli 2011

TMMD SENGKUYUNG I SELESAI

KAJEN-TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Tahap 1 Tahun 2011 selesai dilaksanakan. Upacara penutupan dilaksanakan di lapangan Desa Donowangun Kecamatan Talun dengan inspektur upacara Ketua DPRD Kab. Pekalongan, H. Asip Kholbihi, SH. Upacara dihadiri oleh Sekretaris daerah Kab. Pekalongan, Ir. H. Susiyanto MM, Kepala Bappeda Kab. Pekalongan, dan segenap unsure Muspida Kab. Pekalongan beserta istri.

Kegiatan yang telah dilaksanakan sejak tanggal 1 Juni 2011 hingga 21 Juni 2011 ini telah menghasilkan sarana fisik berupa pengaspalan jalan sepanjang 808 M dengan lebar 2,5 M dan jembatan dengan volume 3 M X 3 M X 2 M sebagai sasaran fisik pokok, serta sasaran fisik tambahan berupa pengaspalan jalan sepanjang 72 M dengan lebar 2,5 M, pembuatan gorong-gorong sebanyak 7 unit serta pembuatan senderan sepanjang 20 M dengan lebar 2 M. Kesemua sasaran tersebut telah diselesaikan seratus persen.
Selain sasaran fisik, dalam TMMD juga dilaksanakan kegiatan non fisik,berupa penyuluhan kepada masyarakat desa, diantaranya penyuluhan pendidikan pendahuluan bela negara oleh Kodim 0710/Pekalongan, penyuluhan Kamtibmas, Lantas, terorisme dan narkoba oleh polres kab. Pekalongan, penyuluhan kesehatan oleh Dinas Kesehatan Kab. Pekalongan, Penyuluhan PKK oleh Tim Penggerak PKK Kab. Pekalongan serta penyuluhan kehutanan oleh BP4K dan pertanian oleh DP3K Kab. Pekalongan.
Dalam laporannya, Bambang Kalisno sebagai penaggungjawab kegiatan menjelaskan, dana yang digunakan berasal dari APBD Propinsi sebesar Rp.125 Juta dan APBD Kabupaten Rp. 110 Juta. Tak lupa Danramil 16 DIM 0710/PKL ini mengharapkan hasil TMMD ini akan bermanfaat meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat dan kemanunggalan TNI dengan rakyat, memperlancar arus lalulintas dan aliran irigasi serta mendorong masyarakat dalam membangun desanya.
Pada bagian lain Gubernur Jawa Tengah, H. Bibit Waluyo dalam sambutannya yang dibacakan oleh Asip Kholbihi, menyampaikan terimakasih atas keberhasilan program TMMD Tahap 1 dengan hasil yang cukup menggembirakan dan bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat. ”Keberhasilan ini merupakan kerja keras kita semua, yaitu TNI/POLRI, Pemerintah dan Pemerintah Daerah termasuk masyarakat yang telah menyumbangkan tenaga, pikiran, do’a dan materiil secara ikhlas sehingga TMMD dapat mencapai sasaran sesuai rencana,” tegas Gubernur.
Penutupan TMMD ini diakhiri dengan penandatanganan naskah berita acara penyerahan hasil proyek dari Kodim 0710/Pekalongan yang diwakili oleh Drs. Abdul Asis kepada Pemerintah Kab. Pekalongan yang diwakili oleh Kepala Bappeda Kab. Pekalongan, Ir. Teguh Isdaryanto, MM. (gusno)