Kamis, 17 Maret 2011

PEMKAB PEKALONGAN ADAKAN UPACARA HUT KE – 61 SATPOL PP

KAJEN-Pelaksanaan Upacara rutin setiap tanggal 17  dilaksanakan di lapangan upacara belakang kantor Setda Kabupaten Pekalongan sekaligus memperingati hari ulang tahun Polisi Pamong Praja ke – 61 yang diikuti seluruh pegawai  dan Kepala SKPD Pemerintah Kabupaten Pekalongan, dengan Inspektur Upacara Wakil Bupati Pekalongan  Ir. H. Wahyudi Pontjo Nugroho, MT.

    Dalam upacara dibacakan sejarah berdirinya Polisi Pamong Praja  yang terus mengalami perubahan. Satpol PP pertama kali terbentuk di Daerah Istimewa Yogyakarta berdasarkan  Peraturan Pemerintah Nomor 1 Tahun 1948  tanggal 30 Oktober 1948, dari Jawatan Praja Daerah Istimewa Yogyakarta dengan nama  “ Detasemen Polisi Penjaga Kapanewon “ yang terus berproses hingga sekarang dengan nama Satuan Polisi Pamong Praja berdasar pada Peraturan Pemerintah No.6 Tahun 2010 tentang  Satuan Polisi Pamong Praja dan Peraturan tindak lanjutnya.
    Harapan dari Wakil Bupati Pekalongan adalah dukungan dari seluruh jajaran pemerintah dan masyarakat untuk ikut membantu pelaksanaan dan penegakan tugas Polisi Pamong Praja di wilayah Kabupaten Pekalongan ke arah profesionalisme dan meningkatkan citranya di mata masyarakat dalam rangka menertibkan dan mengayomi masyarakat.
 Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Gamawan Fauzi dalam sambutannya yang dibacakan Wakil Bupati Pekalongan selaku Inspektur Upacara,antara lain mengatakan bahwa tercapainya ketertiban umum serta perlindungan masyarakat pelaksanaan tugas secara tegas dan humanis. Tegas terkandung maksud tetap kuat dan kokoh, tidak mengenal kompromi dan tidak terpengaruh godaan yang melanggar  hukum dan sumpahnya, namun tidak arogan. Sementara humanis dimaksudkan mampu melindungi dan melayani serta berorientasi pada prestasi dalam pelayanan masyarakat.
Atas kerja keras dan semangat dari Satuan Polisi Pamong Praja selama  melaksanakan tugas tidak sedikit prestasi dan penghargaan yang telah diraih Mendagri menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya. Pada akhir sambutannya  Gamawan Fauzi mengucapkan selamat ulang tahun ke-61 untuk Satuan Polisi Pamong Praja. (Anjas)